Obrolan tentang Jodoh

Sambil menunggu koneksi internet normal kembali (dudul amat hari ini koneksinya), tiba-tiba aku ingat obrolan tentang “jodoh” dengan teman adik ke empat dari GFF bersaudara, hwhwhw…

Jadi apa itu jodoh? Sempat ada 2 konsep / pernyataan yang terpikir olehku, keduanya memiliki sedikit perbedaan.. namun tetap beda, ini dia:

1.        Jodoh itu ada, seseorang punya jodoh diluaran sana. ADA tapi tidak ditentukan orangnya, dengan kata lain, JODOH kita bisa siapa saja..  (Si A punya jodoh, jodohnya bisa B, C, D, dst)

2.       Jodoh itu ada dan sudah ditentukan siapa orangnya (Si A berjodoh dengan B)

Beda kedua pernyataan diatas terkait dengan SUDAH DITENTUKAN ORANG YANG JADI JODOH KITA / BELUM. Persamaanya yaitu JODOH ITU ADA (maap ya bagi yang berpendapat lain dari ini, menurut saya ya begini.. hwhw..) persamaan yang lain adalah KITA HARUS BERUSAHA MENDAPATKANNYA, jadi kalau nggak berusaha.. ya bakal sulit mendapatkannya…

Dulu aku bingung, mana yang benar ya.. tapi akhir-akhir ini setelah merenung (halah, lebay..) aku lebih setuju dengan pernyataan kedua.. kenapa?

Yach.. kalau kita mengamati alam semesta ini, segala sesuatu yang tercipta didalamnya hidup dengan aturannya masing-masing, ada aturan yang berlaku meskipun aturan tersebut tidak terlihat. Bagaimana bumi ini berotasi (dengan putaran yang sedemikian rupa), bagaimana bumi, bulan, matahari dan benda planet lain bergerak dengan orbitnya masing-masing (ada aturannya). Bagaimana tumbuh-tumbuhan punya waktu kapan mulai tumbuh, mengeluarkan tunasnya, berbunga, berbuah, daunya mulai menguning.. dan lama-lama mati (tumbuhan saja punya aturan).

Segala sesuatu yang tercipta didalamnya hidup dengan aturannya masing-masing

Trus masa’ manusia yang jumlahnya miliaran ini, dari zaman Nabi Adam AS, sampai kelak datangnya hari akhir gak diatur dengan siapa ia akan bertemu, dengan siapa ia akan berjodoh… semerawut abis dong kalo gitu… Jadi aku berpendapat, DIA sudah menyiapkan seseorang untuk kita, yaitu si X (misal), yang perlu kita lakukan adalah berusaha mencarinya.. (meski kita tidak tau kalau X adalah jodoh kita)

Trus kok ada yang namanya cerai? -Tanya adik ke 4- (~.~)?

Ok..untuk menjawab pertanyaan ini, hal lain yang juga kupercayai adalah adanya batas waktu untuk segala sesuatu.. seperti adanya hari akhir yang akan mengakhiri kehidupan didunia ini (hancurnya langit dan bumi). Seperti adanya usia yang ditentukan bagi setiap makhluk yang hidup. Begitu juga dengan lamanya jodoh kita dengan orang lain.. tetap ada tenggat waktunya.. yang paling lama –didunia ini- adalah jika waktu berjodohnya kita dengan orang lain diakhiri dengan meninggalnya salah satu pasangan..  begitu..

Ada batas waktu untuk segala sesuatu..

Jadi kesimpulannya (kesimpulan saya pribadi) adalah:

Jodoh itu ada dan sudah ditentukan siapa orangnya, yang perlu kita lakukan adalah berusaha dan berdoa agar bertemu dengan pasangan kita tersebut. Selanjutnya lama waktu kita berjodoh dengan orang lain juga sudah ditentukan… seperti waktu kita hidup didunia ini juga ditentukan lamanya bukan… Hehe.. ini opini, pendapat, hasil pemikiran.. jadi CMIIW yaaa….

Jodoh itu ada, yang perlu kita lakukan adalah berusaha dan berdoa agar bertemu dengan pasangan kita tersebut

-uwiek-

Advertisements

One thought on “Obrolan tentang Jodoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s