You are not alone

Ada saat dimana kita merasa… hmm.. ”masalah kok gak abis2 menghampiri gwe ya?” abis ini munculah itu, abis itu munculah ini… haiyah… capek rasanya… kadang juga muncul perasaan “rasanya hidup mereka-mereka (entah siapa mereka yang sedang dibayangkan) itu kok baik2 saja.. good-good aja, excelent-excelent aja… ruarrrr biasaaa… sedang aku…” (mulai-lah 5L datang  mendera: lesu, lelah, letih, linglung, lemah gemulai… logh?)

Hihi… mungkin kita kurang luas melihat, atau melihat dari sudut pandang yang “kurang tepat”. Tanpa sepengetahuan kita sebenarnya semua orang memiliki masalah, semua orang mendapat titipan “persoalan” yang harus diselesaikan dariNya. Tentu saja karena kita dititipi masalah, kita pasti sudah dipersiapkan “peralatan” atau “amunisi” untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan masalah yang datang tidak akan lebih besar dari kemampuan kita untuk menyelesaikan masalah tersebut. Itu janji dariNya.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…. (QS. Al-Baqarah (2): 286)

Apa aja amunisinya? Apa ya… huhu… kita punya hati untuk merasakan, menentukan, memilih.. percaya deh, sebenarnya untuk setiap persoalan.. jika kita tanyakan pada diri, pada hati nurani.. disana terdapat jawaban terjujur dari lubuk hati yang terdalam… ”kalo udah ditanya tapi gk muncul-muncul jawabannya gimana?” menurutku bukan gk muncul… Cuma, mungkin kita terlalu sering mengacuhkan, tidak mempedulikan, tidak mendengarkan apa yang dikatakan hati nurani.. jadi jawaban yang awalnya diteriakkan dengan keras dan lantang, lama kelamaan berubah menjadi bisikan lemah sayup-sayup tak terdengar.. jadi, tajamkan dulu pendengaran mata hatimu.. baru deh kedengaran.. hehe..

Hati adalah lentera hidup

Abis itu, you have brain.. otak untuk berfikir, untuk memikirkan… kalo kata adek saya brainware (sok keren lo dek) hwhwhw… kita dikasih otak untuk menganalisa masalah dan mikir berbagai kemungkinan menyelesaikannya… otak kita sangat canggih loh, maka perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin… pasti ada jalan keluar (tanamkan dalam pikiran). Selanjutnya tinggal kitanya mau mengusahakan agar ‘ide solusi” itu terwujud jadi nyata apa enggak… depend on your will…

Brainware canggih untuk berfikir

……..

Saat perasaan atau fikiran “kenapa si masalah ku gk abis2” muncul dan membuatmu bersedih… ingat aja “gak cuma aku kok yang punya masalah, semua orang punya, hanya saja.. aku tidak melihatnya secara langsung” semua orang berusaha, berjuang untuk menyelesaikan masalahnya.. kalau kita punya masalah dengan kuliah/kerjaan kita misalnya… orang lain ada yang punya masalah keluarga, keuangan, kesehatan, masalah dengan diri sendiri.. dll, hanya saja kita tidak tau… kita semua bersama-sama berjuang menyelesaikan masalah yang nongol dalam kehidupan kita masing-masing….

walau terasa sendiri, sebenarnya kita tetap bersama kok

Lagipula… kalau gk ada masalah bukankah hidup akan terasa membosankan ya… seperti sayur tanpa garam.. halah… hehe..