Manusia mati meninggalkan nama

Hmm.. aku tau kalimat itu.. yang akan tetap tinggal saat kita meninggal adalah kenangan yang akan diingat oleh orang-orang yang mengenal kita.. dan nama kita. Nama.. sebuah nama akan diingat karena prestasi pemiliknya, apakah prestasi yang dianggap baik maupun yang dianggap buruk.

Contoh orang yang meninggalkan nama baik semasa hidupnya adalah.. Shakespeare (karena baru menonton shakespeare in love?? ckck..). Kenapa juga disebut baik? karena dia meninggalkan karya-karya yang begitu berkesan bagi banyak orang, baik dimasanya.. maupun sekarang ini (yang aku tau ya Romeo n Juliet, hwhw), klo menurut om Wiki2 (Wikipedia) “3 hal yang mendasari seluruh karya shakespeare adalah pertanyaan-pertanyaan seperti: Apa artinya untuk hidup? Bagaimana cara kita hidup? Apa yang harus kita lakukan?”

Mungkin karena karya Shakespeare memberikan banyak pembelajaran, penjelasan dan pemahaman mengenai hidup sehingga begitu berkesan dan mengena di hati. Tidak hanya dari kalangan rakyat biasa, kalangan raja dan ratu seperti Ratu Elizabeth 1 pun menyukai karya Shakespeare.

Selain orang-orang yang meninggalkan nama baik, ada juga orang yang meninggalkan nama -yang kurang menyenangkan saat diingat- karena tragedi yang dibuatnya semasa hidup, contoh esktrimnya adalah.. eng ing eng.. Hitler (gk ada contoh lain apa? cari sendiri sono..). Gak perlu diceritakan panjang lebar, pasti udah tau ceritanya kan, hehe.. Dia meninggalkan duka kemanusiaan yang begitu dalam akibat tindakannya.

Well, berarti.. sebaiknya kita berkarya (yang baik) ya.. huhu.. agar diingat? bukan, tapi agar kita berguna, bermanfaat.. agar hidup yang dianugerahkan Tuhan tidak sia-sia dan terlewat begitu saja.. karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi makhluk lainnya (manusia, alam, kehidupan) serta dirinya sendiri :p

nb: jangan salah.. shakespeare itu hidup pd tahun 1564 s/d 1616. Lebih kurang 394 tahun namanya masih diingat, karyanya telah diterjemahkan di hampir semua bahasa di dunia dan dipentaskan di panggung lebih daripada semua penulis sandiwara yang lain.
Maka.. Berkaryalah!

Advertisements

One thought on “Manusia mati meninggalkan nama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s